#ICITalks Vol.5

“Innovation in Competitive Manufacture”

ICI Indonesia kembali menggelar #ICITalks Vol.5, kali ini komunitas industry diajak berkunjung ke pabrik susu Indomilk yang terletak di kota Pasuruan, Jawa Timur. Dengan mengangkat thema “Innovation in Competitive Manufacture” acara ini berhasil mengumpulkan lebih dari 50 perusahaan manufaktur di Indonesia untuk saling berdiskusi dan benchmark inovasi yang telah berhasil di implementasikan di salah satu pabrik PT Indolakto di Pasuruan, Jawa Timur.

Dengan menghadirkan pembicara langsung dari PT Indolakto, yaitu Bapak Sonny Effendhi, selaku Technical and Operation Director, acara ini juga menghadirkan perwakilan dari akademisi untuk diajak berdiskusi, yaitu salah satu professor termuda di Indonesia, yaitu Prof.Ir Nyoman Pujawan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (ITS). Acara dibuka dengan pemberian kata sambutan dari Factory Manager PT Indolakto, Pasuruan, yaitu Bapak Asep Noor.

Acara yang dikemas menarik ini diawali dengan pemberian kata sambutan dari Factory Manager PT Indolakto, Pasuruan, yaitu Bapak Asep Noor, kemudian dilanjutkan dengan sesi  pemaparan serta sharing session dari Bapak Sonny Effendhi, yang share pengalaman dan perspektif beliau tentang Innovation in Manufacturing Processes, dimana pada kondisi yang serba tidak pasti saat ini, salah satu kunci untuk tidak mati adalah terus berinovasi, jadi “INNOVATION IS A MUST” ungkap beliau. Seperti halnya di PT Indolakto yang saat ini terus melakukan inovasi di proses manufaktur, dimana dalam proses tersebut telah banyak menerapkan system automation sehingga proses dapat lebih cepat, dan efisien, hal tersebut juga dirasakan dan dilihat langsung oleh seluruh peserta ICITalks Vol.5 yang berasal dari berbagai sector industry, darimulai makanan dan minuman, plastic packaging, manufacture support, dan lainnya.

Setelah pemaparan dari sisi praktisi, acara ini dilanjutkan dengan pemaparan dari perspektif akademisi, dimana Prof.Ir Nyoman Pujawan dari ITS sharing pengalaman dan perspektif beliau mengenai “The Future of Manufacturing System”. Kurang lebih selama 30 menit, Prof Nyoman memberikan insight kepada seluruh peserta bagaimana system manufaktur kedepannya, terlebih saat ini dunia sedang dihadapkan dengan tantangan perkembangan teknologi yang demikian cepatnya, sehingga antara pemerintah, pelaku industry, serta akademisi sebagai stakeholder industry harus membangun kolaborasi yang dinamis, terutama dalam mempersiapkan industry 4.0 dimana automation akan banyak dipilih industry untuk melakukan inovasi kedepannya, tentunya hal ini akan terkait dengan penggunaan manpower di area manufaktur yang akan semakin berkurang, tenaga orang diganti dengan tenaga mesin, bagaimana pemerintah mengatasi tantangan tersebut. Menutup presentasinya, beliau menyampaikan bahwa daya saing industry saat ini adalah “kemampuan menghandle dan mengelola informasi” bagaimana perusahaan dapat mengetahui pergerakan barang sampai dengan ke pengguna dan pengguna memakai ataupun mengkonsumsi barang tersebut.

Sesi sharing selesai, kemudian para peserta diajak untuk melihat langsung hasil inovasi yang dilakukan di PT Indolakto, Pasuruan. Selama kurang lebih satu jam, semua peserta diajak berkeliling untuk melihat manufacturing process di pabrik tersebut, dan berinteraksi langsung dengan PIC yang kompeten dari PT Indolakto, Pasuruan hal ini tentu saja membuat peserta sangat antusias meskipun harus berkeliling pabrik dengan jalan kaki. Selesai berkeliling pabrik, acara dilanjutkan dengan lunch break, kemudian talkshow, dan diakhiri dengan pemberian closing statement dari masing-masing narasumber.

Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan narasumber, serta pemberian tanda terima kasih ICI Indonesia kepada kedua narasumber dan PT Indolakto, Pasuruan, yang telah dengan tangan terbuka menerima kedatangan komunitas industry manufaktur untuk dapat benchmark dan berdiskusi melalui acara ICItalks ini dan beberapa peserta memberikan testimony tentang acara ini :

“I am Happy for this event”

Ubaidil Hasan – Garudafood Putra Putri Jaya

 

“Good benchmarking and interesting speaker”

Ambar Kusumo Nugroho – Kalbe Morinaga Indonesia

 

ICITalks sangat bermanfaat dan sebagai eye-opener”

Mila Riyani – Keivit Indonesia

 

—–SAMPAI JUMPA DI #ICITalks VOL 6—-


#ICITalks Vol. 5

#ICITalks Vol. 5

#ICITalks Vol. 5